boleh di invite sob pin gw :) 26E64F99

Minggu, 11 Maret 2012

makro 2 - bbm naik


Azwani Aulia – 1151243

Mulai 1 April
Mobil Pelat Merah Wajib BBM Non-Subsidi

Senin, 20/02/2012 | 19:41 WIB – Surabaya Post








































Konversi pembatasan bahan bakar minyak akan dimulai dari mobil-mobil instansi pemerintah.
JAKARTA - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral menyatakan program konversi pembatasan bahan bakar minyak akan dimulai dari mobil-mobil instansi pemerintah. "Akan kita coba dulu 1 April," kata Dirjen Migas Kementerian ESDM, Evita Legowo di Jakarta, Senin (20/2).
Evita menjelaskan, penerapan pembatasan BBM bersubsidi untuk mobil-mobil pelat merah ini adalah tindak lanjut dari instruksi Presiden tentang Penghematan BBM. Jika dahulu hanya dihimbau, pada 1 April 2012 mendatang kendaraan instansi pemerintah diwajibkan menggunakan BBM non-subsidi.
Dia menambahkan, kendaraan instansi pemerintah yang dimaksud adalah mobil-mobil pejabat negara, namun tidak termasuk mobil anggota dewan dan mobil pegawai negeri sipil. Namun nantinya, semua mobil instansi pemerintah dilarang untuk menggunakan BBM bersubsidi.
Sedangkan pembatasan BBM bersubsidi untuk masyarakat, pemerintah masih menunggu hasil kajian dari Universitas Indonesia dan Institut Teknologi Bandung. Kajiannnya antara lain seperti berapa pengurangan subsidi yang sesuai, dan seperti apa bentuk pengurangan subsidi di masyarakat.
Sementara itu, Menteri ESDM, Jero Wacik menjelaskan bahwa pada April 2012  akan dilakukan juga perpindahan dari BBM bersubsidi menjadi BBM non subsidi ataupun Bahan Bakar Gas (BBG) secara bertahap. "Pindah ke gas itu harus, dan April bertahap pindahnya," katanya.
Ia menghimbau masyarakat kelas menengah ke atas yang sudah mampu untuk pindah ke bahan bakar non-subsidi.
http://www.surabayapost.co.id/?mnu=berita&act=view&id=1eed9d7c7aef3b529b9433a818b02fd6&jenis=b706835de79a2b4e80506f582af3676a
Ekonomi makro adalah ilmu yang mempelajari masalah ekonomi secara keseluruhan totalitas dimana menjadi perhatian adalah variable ekonomi secara agregat,  dalam artikel ini saya akan coba membahas mengenai tabungan nasional yang berpengaruh besar terhadap konsumsi nasional. Artikel saya kali ini berjudul “1 April, Wajib BBM Nonsubsidi”
kementrian energy dan sumber daya mineral menyampaikan program konversi pembatasan BBM yang akan dimulai dari mobil-mobil instansi pemerintah. Ini merupakan penerapan pembatasan BBM bersubsidi untuk mobil plat merah, yaitu mobil-mobil pejabat Negara (tetapi tidak termasuk mobil anggota dewan dan mobil pns.
Mentri ESDM menjelaskan, di bulan april ini akan dilakukan juga pemindahan dari BBM bersubsidi menjadi bahan bakar gas. Namun ini dilakukan secara bertahap. Berbicara tentang subsidi BBM itu sendiri, dipastikan akan membengkak karena harga minyak mentah dunia yang meningkat.
Jadi, Langkah pertama yang harus dilakukan pemerintah adalah menaikan pendapatan sector migas  dan melakukan efisiensi pengelolaan APBN 2012. Jika langkah ini tidak berhasil barulah melakukan langkah terakhir yaitu menaikan harga BBM sebesar Rp.1000 – Rp.1500/liter. Asalkan opsi pembatasan BBM jangan diterapkan.

Azwani Aulia – 1151243