boleh di invite sob pin gw :) 26E64F99

Minggu, 11 Maret 2012

makro1 - Ekspor Produk Teh Meningkat


EKONOMI MAKRO
Ekspor Produk Teh Meningkat



Disusun Oleh :
Azwani Aulia – 1151243

Fakultas Ekonomi - Akuntansi
Universitas Kristen Maranatha
Bandung, 2011



Ekspor Produk Teh Meningkat
Pikiran Rakyat - Sabtu, 11 Februari 2012

Ekonomi makro adalah ilmu yang mempelajari masalah ekonomi secara keseluruhan totalitas dimana menjadi perhatian adalah variable ekonomi secara agregat,  dalam artikel ini saya akan coba membahas mengenai produksi nasional yang diharapkan dapat menjadi tabungan nasional.
Ekspor produk teh asal Indonesia dalam bentuk setengah jadi mengalami kenaikan penjualan. Hal ini dipengaruhi meningkatnya pembelian dari Cina dan Bangladesh. Penjualan ekspor tertanggal Januari 2012 dengan harga 3$ AS/kg.
Produksi teh Indonesia pada tingkat kebun saat ini memang mulai menurun. Pada Januari lalu banyak produksi teh terutama dari petani tak tertampung di pabrik, sehingga sebagian nyaris terbuang. Ketua Asosiasi Petani Teh Jabar Endang Soparie mengatakan, di tengah kondisi usaha teh Jabar yang harus diupayakan lebih baik dari pada pemangku kepentingan usaha teh nasional didukung pemerintah daerah kepada pemerintah pusat.

Jadi menurut saya, ekspor produk teh asal Indonesia dapat menjadi peluang yang sangat baik untuk mencoba meningkatkan kembali pasar ekspor teh Indonesia. Peluang ini harus dibantu oleh dukungan dari perusahaan perkebunan besar Negara dan swasta, serta usaha teh rakyat. Karena tanpa adanya dukungan dari donatur maka para petani akan kewalahan menerima permintaan yang sekian banyaknya. Lalu mengenai kapasitas pabrik yang kurang mampy menampung hasil produksi, maka diharapkan memanfaatkan musim pucuk sedang meninggi untuk membeli sebanyak-banyaknya produk petani, sehingga pasokan penjualan akan tetap stabil untuk memenuhi tingginya pesanan dari Cina dan Bangladesh.